Maritime Safety Campaign – IKPPNI

There are 2 interesting essential components as effective keys compare to other components to build SAFETY CULTURE spirit:

  1. Build a reward component into the safety achievements.
    Although people respond to tangible rewards, they also need to be both recognized and appreciated – especially when they make a special effort to contribute.
  2. Recognize and give appreciation toindividuals for participating and contribute in safety practices, deliver spot recognition rewards.
    People like being recognized for the efforts they make and will work that much harder to keeping getting that recognition once it’s been received.
    Broadcasting individual contributions and ideas is another powerful motivator for those receiving the acknowledgement – often a greater incentive to long-term safety success than any reward.  

Dalam rangka mengkampanyekan KESELAMATAN PELAYARAN dan mengajak para praktisi industri maritim bersama-sama membangun budaya keselamatan pelayaran, dengan lebih dalam memahami segala aturan-aturan maritim dan lebih berani meng-implemetasi-kan dalam paktik kesehariannya.

Keberanian mengambil satu keputusan terutama untuk menyelamatkan jiwa manusia di laut atas dasar pemahaman aturan yang berlaku diatas kapal, adalah cerminan dari profesioalisme seorang PPN (Perwira Pelayaran Niaga) dengan sikap Kecakapan Perwira Pelayaran Niaga yang baik (GOOD SEAMANSHIP).

Pengambilan keputusan oleh seorang nakhoda kapal KM.Serasi II atas penyelamatan 12 ABK KM.Pinang Jaya yang tenggelam adalah satu contoh keputusan yang sangat tepat sesuai aturan yang berlaku dalam UNCLOS 1982 Article 98. Walaupun keputusan demikian tentunya ada konsekwensi menghambat rencana pelayaran yang sudah dibuat dan berdampak gangguan sesaat akan aspek bisnis, namun seorang nakhoda yang profesioanal tetap memutuskan lebih mentaati peraturan yang berlaku : UTAMAKAN KESELAMATAN (SAFETY FIRST).

Atas dasar keberanian mentaati dan menjunjung tinggi peraturan yang berlaku dari seorang Nakhoda profesional, menilai hal positif demikan maka patutlah mendapatkan penghargaan dari segenap PPN dan diwakili IKPPNI dengan menyerahkan sertifikat penghargaan KESELAMATAN PELAYARAN (MARITIME SAFETY):
   
Dikarenakan jadwal kapal yang tidak bertepatan dengan kegiatan IKPPNI, maka secara simbolik sertifikat untuk seluruh crew kapal diatas KM.Serasi II langsung diserah terimakan kepada Manajemen PT.Toyofuji Serasi Indonesia (PT.TFSI) dan langsung disambut dengan hormat oleh VP Director Bpk.Misunori Kuwahara beserta jajaran Manajemen lainnya.

Sambutan dari pihak seluruh jajaran Manajemen PT.TFSI adalah, merupakan suatu kejutan dan terobosan Maritim untuk melakukan motivasi memunculkan semanagat kebersamaan dalam membangun budaya keselamatan maritim di Indonesia secara khusus. Pihak PT.TFSI merasa menemukan tamu dan Mitra yang tepat dalam bidang Maritim untuk dijadikan rekan dalam diskusi dan berbagi segala aspek terkait industri maritim, dikarenakan dalam shore based Management di kantor mereka menyatakan hanya memiliki 1 orang Port Captain dengan latar belakang profesi sebagi PPN.

Dalam diskusi yang berlangsung, IKPPNI memberikan beberapa masukan-masukan sebagai refreshment terkait beberapa aturan-aturan maritim dan sisi pemahaman tehnis aspek maritim dan diterima dengan sangat terbuka oleh tim Manajemen PT.TFSI

IKPPNI dengan senang hati akan selalu berjalan bersama beriringan PT.TFSI mengawal pembentukan budaya keselamatan maritim dengan prinsip memberikan penghargaan yang diperlukan untuk memotivasi semangat PREVENTIVE SAFETY PRECAUTIONARY to minimize incidents and lead to ZERO ACCIDENTS.

Semoga saja hal yang dilakukan IKPPNI sebagai bagian dari peran aktif non-profit NGO  untuk memasyarakatkan BUDAYA KESELAMATAN MARITIM di dukung penuh oleh pihak-pihak yang lebih memiliki kewenangan sebagai  pemangku dan pembuat kebijakan Keselamatan Pelayaran, agar masyarakat maritim tentunya lebih termotivasi secara positif.

Build a reward component into the safety, Recognize and give appreciation to people/employees for participating and contribute in safety practices, deliver spot recognition rewards.


Selamat berkarya Maritim dan Salaam Perwira.
Penulis:
Capt.Dwiyono Soeyono
Ketua IKPPNI

Shop!